Wednesday, September 17, 2014

Aku Kau dan AQUA

Kebiasaan sering membuat kita melakukan hal secara otomatis, bahkan disaat yang tidak tepat. Seperti misalnya, setiap pulang ke Indonesia, saya cukup sering secara otomatis mau mengambil minum dari air keran! Untung belum pernah sempet keminum, palingan sampe ngocorin airnya aja ke gelas.. :P

Sering kepikiran, kok air keran di Indonesia ga bisa diminum langsung, sedangkan di Jerman bisa? Padahal ada yang bilang, "Di Jerman jangan sering-sering mandi, nanti kulitnya kering!". Lha? Jadi air di Jerman bisa diminum tapi ga bagus buat kulit? Sedangkan di Indonesia, kita mandi sehari 2x, tapi airnya ga bisa diminum?

Ngomong-ngomong soal air, beberapa waktu lalu saya, suami, dan temen-temen blogger lain dapet kesempatan buat liat lokasi proyek penyediaan air bersih, yang merupakan salah satu CSR AQUA. Di saat saya mikirin perbandingan air di Jerman dan di Indonesia, ternyata banyak orang yang mikirin gimana bisa dapat air bersih. *kemudian melow :(

Iya.. ternyata bukan di Afrika aja yang masih kekurangan air bersih, tapi warga Indonesia pun masih banyak yang kesulitan mendapatkan akses air bersih. :(

Salah dua lokasi sasaran program WASH (Water, Access, Sanitation, and Hygiene) dari AQUA yang kami kunjungi adalah Kampung Nyalindung dan Dusun Banceuy, Subang, Jawa Barat.

Pagi-pagi banget kami sudah berangkat ke Kampung Nyalindung. Aaaaah.. udaranya di sana masih segeeeerrrr...

Siap berangkat menuju Kp. Nyalindung

Sebenarnya di Kampung Nyalindung terdapat sumber air yang jernih dan debitnya pun tinggi. Hanya saja warga kampung ini memiliki kesulitan untuk mengaksesnya, karena lokasi sumber air berada lebih rendah daripada rumah warga.

Turun ke sawah, menuju sumber mata air. 
Dan... iya kami harus turun nyebrang sungai kecil!


AQUA berkerjasama dengan yayasan PESAT (Pengembangan Swadaya Masyarakat) membantu warga Kampung Nyalindung untuk dapat mengakses air bersih tersebut. Dengan teknologi yang dimiliki AQUA, air dari mata air yang lokasinya di bawah tersebut dipompa dan ditampung di bak penampungan air yang lokasinya lebih tinggi. Dari bak tersebutlah, air mengalir ke rumah-rumah warga.

Bak penampungan air

PESAT pun membantu dalam hal pemberdayaan warga. Kini warga Kampung Nyalindung sudah bisa mandiri mengatur sistem penyaluran air mereka sendiri. Untuk pembiayaan seperti biaya listrik pompa air, mereka mengatur dengan iuran sesuai pemakaian masing-masing rumah.

Meteran air di setiap rumah

Dari Kampung Nyalindung, kami menuju Dusun Banceuy. Berbeda dengan Kampung Nyalindung, di Dusun Banceuy sistem penyediaan air bersih ini masih dibangun.

Sampai di Dusun Banceuy kami melihat beberapa bak air. Dilanjut dengan MAKAN-MAKAAAN! Nikmat banget rasanya makan di saung rame-rame ditambah angin sepoi-sepoi. Nyooms.. :9

Nasi liwet, ayam + bebek goreng, pepes ikan geprek, lalab sambel.
NIKMAAAT.. :9

Dan inilah bonus akhir perjalanan kami.....


Dengan adanya program-program seperti ini, semoga suatu saat seluruh warga Indonesia ga ada lagi yang kesulitan akses air bersih. Dan.. kalau bisa air yang mengalir di keran-keran juga suatu saat bisa diminum langsung.. Karena sungguh tiada senikmat minum air dari keran langsung! *berasa gratis soalnya* :))


6 comments:

  1. Nikmat bgt kayanya bisa begitu, air ditempat tinggalku keruh dan bau..bisa buat tempat wisata baru nih kayanya

    ReplyDelete
  2. Semoga lestari air bersih untuk anak cucu

    ReplyDelete
  3. air bening pun jadi berharga
    visit for Humanity #LetsHelpRohingya

    ReplyDelete
  4. kalo berbicara air, saya sendiri lebih prihatin negara yang dilanda kekeringan seperti india dan mesir,, bahkan orang kaya disana juga sulit mendapatkan air ..

    ReplyDelete
  5. aqua sangat peduli lingkugan dan merupakan merk ternama.

    ReplyDelete
  6. Aqua tetap memikirkan lingkungan..mantap.
    Ijin..info investasi lahan keluarga di San Diego Hills memorial Park bebas biaya perawatan dan kebersihan selamanya klik San Diego Hills

    ReplyDelete

Quchie

Chierita

Belanja belanji

Belanja belanji
Click to shop!

Chiet-chat

Chwiet-chwiet

Followchie