Saturday, January 28, 2012

Dari Ni Hao Jadi Assalamualaikum.

Sedikit cerita tentang saya dan jilbab.



Ga kerasa juga setahun sudah saya mengenakan jilbab. Tanggal 25 Desember 2010, hari pertama saya menutupi aurat saya. Alhamdulillah. 

Awal dari mengenakan jilbab ini, banyak orang yang bingung, bahkan kedua orang tua saya. Bingung karena kaget. Waktu itu saya memang tidak memberi tahu siapapun akan keputusan saya ini, memang secara tiba-tiba, tapi saya sebenarnya sudah memikirkannya sejak lama.

Mungkin teman-teman di Hamburg tahu sebelum saya mengenakan jilbab penuh ini, kalau setiap ada pengajian atau acara-acara keagamaan, saya selalu mengenakan jilbab dari rumah sampai pulang ke rumah lagi. Ya itu step awal dari niat saya untuk mengenakannya full time.


Ketika niat sudah ada tapi berlum terlaksana, saya selalu berfikir, "yaa.. bulan depan deh saya pakai", "minggu depan deh, setelah ini itu..", terus dan terus. Hinggal tanggal 25 Desember 2010 saya memutuskan,

"Ya! hari ini saya mulai! kalau terus-terusan dinanti-nanti, jadinya kapan?", 

ya ini memang tiba-tiba.

Waktu itu saya janjian dengan kedua orang tua saya di airport, mengantar orang yang mau pulang ke Indonesia. Kedua orang tua saya sudah berangkat duluan, saya menyusul dengan kedua adik saya. Saya di kamar mengenakan jilbab, salah satu adik saya masuk, kaget dan bertanya "Hari ini ada pengajian gitu teh?". Saya hanya menjawab, "Ngga.. pengen pake aja". Sampai ketemu kedua orang tua saya di airport, mereka pun kaget. Hehee..

Teman-teman saya di kampus pun awalnya bingung, kaget, memandang saya dengan tatapan aneh. Ada yang bertanya, "Suci.. kamu kenapa?". Saya ga apa-apa kok, saya sehat. :P

Lama kelamaan mereka mengerti dan bisa lebih menghargai saya sebagai seorang muslim. Kadang juga muncul pertanyaan-pertanyaan, seperti: "Kamu kalau summer, pakai jilbab juga? Kan panas!" 

Alhamdulillah banyak hikmah dari mengenakan jilbab.

Salah satunya... yang seperti judul post ini. Mungkin karena kita ini Asia dan orang Eropa memang sulit membedakan muka-muka Asia, padahal kan beda! Ya.. seperti kita sulit membedakan muka Eropa, padahal kata mereka, mereka itu beda. Cukup sering, kalau kita jalan, ada saja yang iseng bilang "ni hao", "konichiwa" atau semacamnya. Sekarang ngga lagi, malah kalau berpapasan yang sesama berjilbab, sering disapa "Assalamualaikum". Alhamdulillah, rasanya damai.  :) *seperti tadi siang, yang membuat saya berfikir untuk menulis cerita ini*

Atau ketika dulu liburan ke Praha, kami sedang melihat-lihat sebuah toko, hingga seseorang menyapa kami dengan salam, ternyata pemilik toko tersebut. Dari situ kami ngobrol tentang Praha, dia memperingati kami tentang bahaya penipuan penukaran uang, pencopetan, memberi tahu di mana masjid, dan yang asik kami diberi diskon di tokonya. Wehehee... :P

5 comments:

  1. Setuju, memakai jilbab adalah kewajiban muslimah. Semua sudah ada di Al'qur'an. Thanks artikelnya menarik.

    ReplyDelete
  2. Mungkin karena mata chie agak sipit... jadi pada menyapa dengan ni hao atau konnichiwa... hahaha...

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum.. mba, larangan berjilbab di jerman sudah ngga ada? Jilbab yang dimaksud adalah pakaian (seperti gamis) kan?
    InsyaAllah saya mau kuliah disana.. tapi gamang karena denger isu larangan berjilbab.
    Mohon sharingnya ya mba
    Vielen dank :)

    ReplyDelete
  4. @^
    waalaikumsalam.. :)
    alhamdulillah di sini tidak pernah ada larangan untuk berjilbab, mungkin yg dimaksd adanya larangan berjilbab itu di perancis, bukan jerman.. bahkan pemerintah sini sangat menghargai kita sebagai umat muslim..
    dan alhamdulillah juga, warga sini tidak pernah memandang sinis kita yg berjilbab.. terutama daerah jerman barat.. saya kurang tau kalo di jerman timur apa warganya memandang sinis ato tidak.. (jerman timur/ jerman barat ini maksdnya, ketika jerman dibelah 2).
    tidak usah ragu mau kuliah di sini, insyaAllah, kehidupan beragama Islam di sini kuat juga dgn adanya komunitas² Islam. ^^

    ReplyDelete

Quchie

Chierita

Belanja belanji

Belanja belanji
Click to shop!

Chiet-chat

Chwiet-chwiet

Followchie