Wednesday, July 13, 2011

Focksweg to Fischbek!

Cari rumah dengan jumlah kamar tidur 4 dan harga sewa yang masih bisa dijangkau adalah satu hal yang tidak mudah dilakukan di negara ini. Di Jerman, keluarga dengan jumlah anggota 5 orang itu termasuk keluarga besar, jadi emang susah cari rumah untuk keluarga besar ini. Entah udah berapa lama kami nyari rumah berkamar tidur 4 atau setidaknya kamar 3 dengan 1 kamar bisa dibagi 2.

Dulu, kami sih maunya tetep tinggal di desa Finkenwerder, karena ade-ade Chie sekolah di daerah situ. Tapi akhirnya, kami putuskan untuk pindah ke daerah yang lebih dekat sama stasion kereta, mendekat ke kampus Chie dan Ndha sekaligus mendekat juga ke tempat kerja papa yang baru. Ade Chie yang terakhir akhirnya ngalah untuk pindah sekolah, di sini ga sulit kok urusan pindah sekolah. Kalau terikat sama daerah itu, ga akan dapet-dapet juga kan? 

Akhirnya kami dapat rumah di desa Fischbek. Kenapa tetep disebut "desa"? Karena suasananya serasa di desa. Enak sih, sejuk, ga berisik, kadang semilir bau pupuk kandang atau bau kuda. Chie rasa di sekitar sini ada peternakan kuda atau perkebunan. Tapi tetep deket sama station kereta. Dulu di Finkenwerder, ga ada yang namanya transportasi kereta, adanya bus sama kapal.

Bukan appartemen lagi. Hmm.. di sini sih disebutnya "Doppelhaushälfte" kalau menurut mr. dict.cc sih artinya "semidetached house". Jadi 1 rumah besar dibagi 2, kayak gini:




Rumah lebih besar? Pastinya. Walau tetep 3 kamar, tapi seenggaknya lebih luas untuk berbagi. Cuman jadi harus naik turun tangga tiap hari entah berapa kali, lumayan sih buat program penurunan berat badan. 

Pindah rumah itu ga gampang! Capee meeennn! dari mulai ngepak semua barang-barang ke dalem kardus, ngecat rumah baru dan lama, ngebersihin rumah lama, sampai ngeberesin lagi barang-barangnya di rumah baru. Sebenernya rumah baru ga perlu dicat lagi sih karena baru dicat juga sama si pemilik rumah, tapi karena Chie pengen kamar berwarna HIJAU jadi deh.. hehehee.. inisiatif sendiri.

*jadi tukang cat*


Di Jerman ini ada 1 aturan, kalau kita ngontrak rumah, waktu kita ninggalin rumah itu, rumah harus kembali ke keadaan semula waktu kita awal ngontrak. Kalau ngga? yaaa.. denda! sebagai denda perbaikan rumah dan itu ga sedikit. Kecuali, kalau si pemilik rumah ngasih keringanan, kayak rumah baru ini, mereka bilang kalau nanti keluar dari rumah ini kami ga perlu ngecat, karena walau kami ngecat pun mereka bakalan ngecat ulang.

Ga kayak di Indo yang kalau kita ngontrakin rumah, selesai kontrak rumah dalam keadaan rusak, malah ada yang kabur segala ninggalin rekening telepon listrik yang belum dibayar. Di sini koneksi telepon "dibawa" pindah sama kita, dengan provider sama dan nomor yang sama, jadi ga ada yang namanya ninggalin rekening telepon yang belum dibayar.

Pesan dari Chie:

Kalau kamu mau tinggal di eropa, harus siap-siap jadi tukang! 

Karena semua dikerjakan sendiri, dari ngecat, bersihin rumah, sampai ngepak ini itu. Palingan pindahannya aja pake jasa, karena kami ngerasa ga mampu mindahin semua barang sendirian.

*jasa pindahan*


JASA orang tuh di sini bener-bener dihargai. MAHAL! 

11 comments:

  1. jadi tertarik nih jadi pekerja jasa disana..wkwkwkwkwk..

    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
    sukses selalu!!

    ReplyDelete
  2. Hahaha jangankan disana, disini aja saya kalau pindah juga gitu, semuanya sendiri~ Males nyari tukangnya :D

    ReplyDelete
  3. mungkin karena dieropa sudah lama menganut KB alias keluarga kecil jadi susah yach kalau nyari rumah buat keluarga besar...:)
    mbak suka warna hijau yach? sama donk..aku juga suka banget warna hijau... :)

    ReplyDelete
  4. @hajar: sok atuh kemari..

    @rinaldy: tapi kayaknya nyari tukang itu lebih mudah daripada ngerjain semuanya sndiri.. -.-"

    @susi: bukan begitu.. orang² jerman jarang yg pengen punya anak.. malah mereka lebih seneng miara guguk drpd miara anak.. -.-" iya.. saya suka warna ijo.. <3

    ReplyDelete
  5. selamat pindahan chiee!
    semangat yaa beres2nya hehehe

    ReplyDelete
  6. disana ada kost - kost'an ga ya ? :D

    salam kenal dari indonesia

    ReplyDelete
  7. ohhh ini toh rumah baruuu,,,
    kuaciii jangan lupa potoin kamar nyaa,,,
    hahahahaha

    bismillah ahhh insya allah taun depan pengen k rumah baru kuaci,,,,
    hahahahhaha (tetep menghayal)

    ReplyDelete
  8. @rachmat: ada.. namanya studentenwohnheim.. semacam kost-an buat mahasiswa..

    @eci: jangan ngayal aja cii.. jadikan kenyataan..^^ iya insyaAllah, ntar kalo kamarnya udah bener² beres, saya poto.. :)

    ReplyDelete
  9. wah... jadi pengen kuliah di jerman nih kak :D

    ReplyDelete
  10. kereeeennn... jadi gadis desa dong nih neng hehehehe

    ReplyDelete

Quchie

Chierita

Belanja belanji

Belanja belanji
Click to shop!

Chiet-chat

Chwiet-chwiet

Followchie