Sunday, January 09, 2011

Praha

Tahun baruan di luar kota? Atau bahkan di luar negeri?

Udah jadi rencana-rencana dari taun lalu. Tahun lalu itu hanya rencana. Liburan tahun baru memang sulit untuk pergi ke luar kota. Sulit cari transportasi, sulit cari penginapan. Harus pesan dari jauh-jauh hari, kalau tidak? Antara kehabisan penginapan, kehabisan tiket transportasi atau dapat itu semua tapi dengan harga yang amat sangat mahal!!

Berdasarkan pengalaman 1 tahun sebelumnya, tahun baru kemarin pun kami merencanakan lebih awal. Beberapa kota kami searching, tapi yah itu dia, tetep aja banyak yang kalau ga transportnya yang mahal, penginapannya yang mahal. Oh.. tahun baru.

PRAHA!  akhirnya 1 kota ini terpilih. Ongkos transport lumayan OK, apalagi penginapannya! kami dapat 1 appartemen yang lumayan OK juga biayanya. Yak! kami pergi ke PRAHA! 1 minggu penuh dari tanggal 26 Desember 2010 sampai 1 Januari 2011!!



7 jam perjalanan menggunakan kereta cepat nonstop. Salah satu kelebihan naik transport darat adalah kita bisa menikmati suasana luar juga, kalau naik pesawat kan begitu-begitu aja, awan semua! Ini video salah satu lokasi yang menurut Chie indah banget! sekitar perbatasan Jerman - Ceko.


Sampai di Prague, 1 tujuan pertama: MONEY CHANGER! walau Ceko termasuk negara uni eropa tapi mata uang negara ini bukan EURO tapi KORUNA. 1€ nilainya sekitar 24 koruna.



Kesan pertama ketika sampai di station kota praha adalah

Wah, anjingnya gede-gede!! menyeramkan!! dan kayaknya anjing-anjing itu ga disekolahin kayak anjing-anjing di Hamburg!


*Beginilah kalau orang yang takut sesuatu, pasti itu yang dia kesankan dulu*

Kesan lainnya
Susah cari orang yang bisa berbahasa Inggris!

Waktu kami bertanya pada orang sana, dijawabnya dengan bahasa Ceko! Yah.. mana kami ngertiiiiii. Nanya ke yang lain juga seperti itu. Mau membeli tiket transportasi dalam kota saja jadi sulit, akhirnya bahasa semua umatlah yang keluar, bahasa tarzan!

Appartemen

Sampai di appartemen, aaaahhh... berasa di rumaaahhh. Kami bisa masak sendiri untuk makan kami sehari-hari, tidak seperti di hotel, di appartemen ini ada alat masak kumplit! panci, katel, sendok garpu, pisau dan talenan pun ada! bahkan kalau mau nyuci baju pun bisa, ada mesin cuci juga beserta sabun cucinya jemurannya juga! setrika? ADA!


Kota Praha

Kotanya indah. Awalnya Chie gatau ada apa saja di kota satu ini. Ternyata ini adalah salah satu kota tujuan wisata eropa. Banyak banget pengunjung turis, bahkan di winter seperti ini dengan suhu udara sekitar -10°C.

Eskalator oh eskalator..

Cukup kaget ketika mau naik metro (kereta bawah tanah). Eskalator menuju peron-nya amat sangat dalam! curam! kecepatan tinggi! 




Untuk orang-orang yang takut ketinggian, mungkin ga akan bisa masuk sini. Disarankan: naik trem sajalah, jangan coba-coba masuk metro, kecuali kalau mau kaki merinding.
Atau kalau mau tantangan, bisa saja! Siapa tau phobia ketinggiannya malah jadi sembuh. :P

Hati-hati Copet!

Praha tidak seaman Hamburg. Sepertinya tingkat kriminalitas di kota ini lebih tinggi. Ini bisa ditebak dari kunci yang diberikan si pemilik appartemen: 2 kunci pintu gedung dan 2 kunci pintu appartemennya sendiri.

Sempat juga bertemu dengan seorang muslim. Dia menyapa dengan "Assalamualaikum" mungkin karena dia melihat kami mengenakan jilbab. Ternyata dia orang Mesir. Ketika itu kami sedang melihat kurs Euro-Koruna di salah satu money changer pinggiran *di sana banyak banget money changer*. Dia bilang:


Hati-hati! jangan sembarangan menukar uang! yang di tempat-tempat kecil seperti itu mereka menurunkan kurs cukup besar. Ada juga calo-calo yang menawarkan menukar uang, mereka memang memberi nilai kurs tinggi, tapi mereka itu adalah copet! dan mungkin saja memberikan uang yang tidak benar.

Panjang lebar dia menerangkan tentang kota Praha, dari dia pula kami tahu di mana letak mesjid di kota itu.

Di antara orang-orang jahat pasti ada orang-orang baik. Begitu juga sebaliknya, di antara yang baik ada juga yang jahat.



Monumen yang tidak sengaja terkunjungi.

Hari pertama sudah nyasar. Naik trem terlalu jauh dari tujuan wisata pertama. Tapi malah menemukan 1 monumen yang entah apa namanya, mungkin ini monumen dari perang dunia ke2, tertera di situ ada tahun terjadinya PD2. Daripada menyesali kesasar, lebih baik nikmati saja apa yang ada, semua ada hikmahnya, foto-foto deh!!




Charles Bridge

Jembatan tua. Jembatan itu penuh dengan manusia yang berkunjung, yang berjualan, yang mengamen, bahkan pengemis pun ada. Walau tua tapi kuat! iyalah kalo ga kuat, ga bakal bisa nopang ratusan orang begitu!

Dari jauh jembatan ini terlihat sangat-sangat indah, dengan "Prague Castle" sebagai background. Buat para photografer, recomended banget deh! apalagi kalau malam hari, wiiiihhhhhhhh~


 

Prague Castle

Lokasinya agak ke puncak. Udara lebih dingin lagi di atas sana. Kaki, tangan membeku, hidung meler, muka merah kedinginan. Tapi tetap saja banyak pengunjung! Sempet heran, ngapain sih ini orang-orang dingin-dingin begini, mendingan kan di rumah enak anget ada heater. *Eh, tapi kami sendiri ngapain ada di sana?*

Kastil yang luas! memang katanya ini adalah salah satu kastil terbesar sedunia!

Kami hanya melihat kawasan kastil dari luar saja, ga masuk ke dalam kastil-kastil di sana (berhubung cukup banyak juga kastil yang bisa dikunjungi masuk dan jalan dari bawah ke kastil utamanya pun cukup memakan waktu dengan banyak mampir untuk foto dan berhenti untuk menghangatkan badan).




Old Town Square

Jam besar yang entah cara bacanya bagaimana ada di sini. Jam astronomi. Awalnya kami malah mengira, jam ini ga jalan! jarumnya ga gerak! padahal itu bergerak sedikit demi sedikit, kami saja yang ga ngerti bacanya gimana.




Ketika itu, sedang ada entah apa namanya, kalau di Jerman sih "Pasar Natal" tapi waktu kami ke sana kan udah bukan natal lagi. Lampu di mana-mana. Malam hari, indah.

Di tempat ini pula kami menikmati detik-detik perpindahan tahun ke 2011. Sekitar 30 menit lebih kami pantengin jam besar itu, berdiri dalam kedinginan. Tapi tidak terlalu terasa dingin, mungkin karena suasananya yang memang padat, ramai.

Petasan, Kembang Api pasti ada. Tapi Chie rasa ini tidak sebahaya di Hamburg. Di Hamburg, terutama di daerah Jungfernstieg banyak sekali orang yang jahil, melemparkan petasan ke bawah kaki orang yang lewat. Itu yang Chie ga suka!

Menara Petrin

Mini Eiffel! Konon katanya, rancangan bentuk menara Eiffel, Paris itu tidak seperti apa yang ada sekarang di Paris. Kakinya ga "ngangkang" *maaf ga nemu bahasa halusnya, apa yak? ga enak juga nulisnya ini* tapi lurus aja. Setelah disarankan oleh Cimrman, salah satu ilmuwan dari Ceko, barulah rancangan itu diubah menjadi seperti sekarang, kakinya "ngangkang".


Di bawah menara Petrin ini ada 1 museum kecil hasil karya dari Cimrman. Bentuk rancangan eiffel yang dulu pun ada di dalamnya.

Menara Petrin ini pun dibangun setelah Eiffel.



UPDATE: Ternyata ini semua hanya bohong belaka! Tokoh Cimrman ini hanyalah tokoh fiksi. Bisa dibaca di sini. Semua yang ada di Museum itu pun hanya fiksi. Ckck.


Rudolfinum

Praha adalah kota musik, di mana banyak sekali konser diadakan. Bagi penggemar "Nodame Cantabile" pasti tahu!

Rudolfinum ini salah satu tempat konser ternama di Praha.




Kapan ya Angklung Hamburg bisa konser di sini? ga perlu di Rudolfinum, di salah satu gedung konser di Praha di mana pun itu!

Tanpa rencana matang, mencari jadwal konser dari hari-hari sebelumnya, kami datang ingin nonton konser. Akhirnya kami hanya gigit jari, padahal itu adalah hari terakhir kami di sana. Tadinya spontan saja, datang ke sana, nonton konser sambil nunggu jam 12 malam. Tak apa, memang tidak direncakan dengan baik dan memang hanya spontanitas kalau memang kebetulan ada jadwal konser, kami tonton tapi ternyata konsernya baru saja mulai 1 jam sebelum kami datang.

Kristal

Blink! Blink! Banyak banget kristal di kota ini, sampai silau liatnya! *lebay*. Yak! Praha emang terkenal dengan kristalnya. Pernak-perniknya lucu-lucu bentuk kodok, pinguin, burung-burungan, pokonya banyak banget deh bentuk-bentuknya! Lucu-lucu liatnya. Liatnya lho yak! Kalo belinya? Hmmm.. harganya cukup menguras dompet juga! Namanya juga kristal!


Palladium

Mall terbesar di Praha. Pertama masuk mall ini, entah kenapa Chie ngerasain hawa serasa di mall di Indonesia! Oh.. nostalgia sekali! Bentuk dari toko-tokonya, food courtnya, kios-kios kecil di antara toko dan toko, semuanya! Sayangnya orang-orangnya ga berbahasa Indonesia dan mereka bule!




Bertemu Orang Indonesia

Jumat, 31 Desember 2010. Papa pergi jum'atan, pergi ke masjid yang ditunjukkan oleh orang Mesir kemarin. Kami juga sempat menelpon KBRI Praha untuk mencari tahu informasi lebih lengkap.

Seusai jum'atan, kami bertemu dengan 2 orang Indonesia di sana yang juga ikut jum'atan. Ya.. memang sulit sekali bertemu dengan orang Indonesia di Praha, ga kayak di Hamburg, kita jalan ke mall saja sudah bisa dipastikan bertemu, walau ga janjian.


Wisata Kuliner

Ke mana pun kamu pergi, 1 tujuan yang ga boleh ditinggalkan! Wisata Kuliner!

Sayangnya, makanan khas Praha adalah Gulasch daging, yang dagingnya itu adalah Babi. Kami ga bisa makan itu. Akhirnya kami wisata kuliner yang lain.

Restoran Korea

Enak! yang pasti tidak ketinggalan pasti ada Kimchi, disajikan untuk teman makan gratis! Tapi tetap saja, Chie ga suka, asem asem gimana gitu.


Chie pesan bibimbab. Hmm.. makan di atas cowet panas. Telornya pun disajikan mentah tapi jadi matang ketika diaduk secara makannya di cowet panas.



Yang lainnya entah pesan apa namanya liat aja potonya.....


A'la Jepang

Di food court Palladium, kami memilih makan di salah satu restoran Jepang. *Lupa namanya apa*


A'la Italia



Enak.. enak... enaaakkkk..... saya suka makan!!!


Tidak lupa, makanan sendiri. Yak! kami masak di "rumah"! ketika liburan! Hot Pot? Kapan lagi bisa masak Hot Pot begini ketika liburan di luar negeri?



Btw!

Happy New Year all! 

28 comments:

  1. hahah..asik..tempat wisata kok banyak copetnya
    -_-"parah

    ReplyDelete
  2. eh ga di capture fireworksnya -_-"

    ReplyDelete
  3. waktu taun baruannya yg bawa kamera papa, susah poto jg sih, udah mah padet, malem pula jadi joget potonya.. ada sih video.. ntar deh..

    ReplyDelete
  4. Asyik buanget bacanya..jadi ngiler pengen tapak tilas..hehehe tapi kapan yah??? mudah2an Allah Aja wazala memberikan kesempatan ke mang eni sekeluarga yah chie...
    selamat yah chie semoga pengalaman2 chie ini bukan hanya jadi pengalaman dan chierita aja, tapi chie harus bisa ambil hikmah ilmunya dibalik semua pengalaman ini...Hidup Uchie...Merdeka..eh apa lagiii

    ReplyDelete
  5. Arrrrgggh..jadi mupeng Chie liatnya.
    Jadi pengen kesana juga.
    Tapi kapan yah, kapan? :D

    ReplyDelete
  6. @mang n'ni: hehe.. ya mang nni.. amin.. mudah²an mang nni sekeluarga bisa nyusuk ke sini.. kita jalan² bareng..

    @zippy: ayo atuh ke sini.. weheh..

    ReplyDelete
  7. wah, keren ni liputannya
    sampe pake video2 segala

    ReplyDelete
  8. uuu asiknya ke praha! sering2 jalan2 ya chie, gue nantikan foto2nya aja deh :P

    eh iya mallnya mirip2 yang di jakarta deh hehe
    dan soal museum boongannya.. ada ya gitu museum yg isinya totally fiksi? :O

    ahey chiee, oke gue gatau apa istilahnya, oke gue ngutip isi blog lo aja deh ya, semoga istiqomah dgn jilbabnya :)

    ReplyDelete
  9. heheh.. iya deh kite comment....
    tapi apaya....
    cemburu si... sampeyan bisa jalan2 gitu
    wah saya jalan2na cuman di kampung ke desa aja ne.... heheheh

    ReplyDelete
  10. yang ini serius.. mas ane cuma numpang dagangan doang... maaf ya... salam kenal

    ReplyDelete
  11. wah yg di terowongan itu suka mbk chii :D

    ReplyDelete
  12. @perut²an: kenapa ini IDnya begitu?? ckck.. apa saya terlihat gendut.. :|

    @lynn: gatau tuh.. chie jg kaget dikasih tau ade kalo itu ternyata fiksi.. ckck..

    @pri: huehe.. di Indonesia jg banyak kan tujuan wisata yang keren²..

    @sibair: wohoo.. terowongan eskalator? nyeremin itu.. -___-"

    ReplyDelete
  13. waw!! asik bener jalan2 mu chie..

    wuih ktmu muslim yg baik, kan muslim kesannya jd ky teroris zzzz....

    btw jgn pake bhs ceko, pake bhs sunda aj hahaha

    ReplyDelete
  14. @ega: asik donk donk.. yah.. ntaran deh kalo ke sana lagi, kalo dia keukeuh pake basa ceko, saya bales pake sunda..

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Rencana tgl 27 sd/ 6 Maret kami mau ke Praha & varndorf. Bisa minta saran mengenai : Pakaian untuk cuaca nanti, makanan halal & harganya..:D, Oleh2 : Coklat atau yg lainnya, Komunkiasi ke Indonesia : Telp / HP & internet ,transportasi jalan2.Maaf ya kebanyakan semoga berkenan membantu.Trims n kalo ga keberatan pliss jwbnya di forward juga ke email dherdiansyah@gmail.com.

    ReplyDelete
  17. @dhyan: saya bales lewat email. :)

    ReplyDelete
  18. iiih asiik bangeeet.itu MAKANANNYA BIKIIIN BRUTAAAAL.hahahahha
    wah udh pake jilbab ya?subhanallah..ingeet jgn maling lagi brarti yaa haha

    ReplyDelete
  19. Luar biasa... saya gak bisa berhenti terkesima membaca postingan anda yang satu ini, bener-bener mendetail buat para traveler dan bikin saya pengen banget bisa pergi ke Praha suatu hari nanti. Mudah2an suatu hari nanti saya bisa pergi kesana. Amin

    ReplyDelete
  20. wah asyik banget ceritanya, dapat cerita baru tentang kota praha soalnya jarang ada yang ekspos, kapan yach bisa kesana?

    ReplyDelete
  21. @dinda: wahahaa.. km aja yg brutal kali din..

    @website online: ini nicknya kok ya iklan banget.. untung commentnya ga iklan² kalo iya saya delete deh.. btw.. thx..

    @suzhou: jalan² itu memang enak.. :P

    @weeds: thx.. :)

    @susi: kapan² mudah²an bisa kesampean.. :)

    ReplyDelete
  22. keren chie...jalan2 niyee :D..toss sama seneng makanan2 enak :D

    ReplyDelete
  23. salam kenal ^^ enak bener nih ceritanya buat dibaca... terus jalan2 lagi ya biar jadi referensi

    ReplyDelete
  24. Aq pernah jg ke kota praha... Kotax romantis banget, ga kalah ma paris #bwt yg mw honeymoon, ga mahal2 amat, ke praha aja, harga2 di sana emang lumayan terjangkau^^
    Ada juga kota wisata 3 jam dr kota Praha namax Karlovy Vary... Yg pengen hunting perhiasan dan pengen spa, ke sana ajaah deh soalx pusat spa di ceko... Ato pengen bli oleh2 khas ceko, jg lbh murah... ^^

    ReplyDelete

Quchie

Chierita

Belanja belanji

Belanja belanji
Click to shop!

Chiet-chat

Chwiet-chwiet

Followchie