Tuesday, November 23, 2010

Yogyakarta

Awal bulan Oktober, ketika Chie liburan di Indonesia, Chie sempat mengunjungi kota ini. Hanya 3 hari, tapi cukup membuat Chie berkesan.

Liburan berdua bersama sepupu. Baru kali ini, Chie pergi ke luar kota, untuk liburan dan hanya berdua dengan yang seumuran.

Pukul 7 pagi, kami sudah tiba di Jogja, langsung menuju rumah saudara, menyimpan barang dan langsung pergi, menuju tempat wisata.

Taman Sari.

Pertama masuk, Chie langsung suka dengan tempat ini. "Diguidekan" oleh seorang pribumi, tapi Chie rasa dia bukan guide. Ketika kami mulai sibuk berfoto-foto, si bapak itu pergi pamit tanpa meminta bayaran. Orangnya cukup ramah.



Ketika menuju mesjid bawah tanah pun seperti itu. Karena kami tidak tau jalan menuju mesjid itu, kami bertanya pada salah satu bapak yang lewat. Chie kira dia hanya akan menunjukkan arah, ternyata tidak! Dia mengantarkan kami bahkan "mengguidekan" kami juga. Padahal sepertinya, si bapak ini sudah punya tujuan akan pergi kemana, dan itu berlainan arah dengan kami. Dia pun tidak meminta bayaran apa-apa, pamit dan pergi sebelum kami sempat memberikan tip sekedar untuk jajan.

Untungnya di jalan menuju mobil, kami bertemu lagi dengan kedua orang itu. Yah.. sekali lagi kami mengucapkan terimakasih pada mereka dan sekalian salam tempel.

Satu kesan baik di hari pertama: Pribumi-nya ramah-ramah.


Kembali ke rumah.

Rumah saudara Chie ini, sepertinya berada di tengah kota. Yah.. entahlah apa benar atau tidak. Chie ga tau daerahnya. Yang Chie tau, sepertinya dekat kemana-mana.

Tidak hanya sekali, kami pergi pagi, pulang siang sekedar melepas lelah, kemudian pergi lagi.


Wisata Kuliner

Hey! makanan di Jogja murah ya! Tapi minumnya harus pesan, kalau ngga yaaa ga dapet minum. Beda sama di Bandung, yang setidaknya kita pasti dapat teh anget.

Oia, waktu Chie makan di Bakmi Kadin. Chie ngeliat pemain utama cowo di film dealova!! Ben Joshua!! Lumayan ganteng juga yak! Ah.. tapi Chie terlalu malu buat nyamperin dan berfoto, lagian Chie lagi asik makan. Seandainya ada emak di situ, pasti disamperin deh.



Salah satu makanan aneh yang Chie liat di Jogja. Hmm.. Chie ga liat makanannya sih, tapi cuma menunya. Ada kelelawar, luwak, emprit dan masih banyak lagi. Tempatnya di angkringan depan Pakualaman. Ngeliat menunya saja, Chie merinding. Di situ, kami pesan teh poci aja sama ketan dan pisang goreng.




Wisata Seni

Berhubung saudara Chie yang di Jogja itu adalah orang seni. Jadi kami pun akhirnya berwisata seni di sana. Chie sendiri baru tahu, ternyata Jogja itu salah satu kota yang sangat menghargai seni dan banyak juga peseni di sana.

Banyak tembok-tembok yang dicorat-coret oleh peseni jalanan. Bukan sekedar corat-coret asal tak bermakna. Dan itu pun memang diberikan izin oleh pemerintahnya.

Satu malam Chie diajak tante Chie ke pagelaran musik. Musik kontemporer. Acaranya santai. Dan Chie amat sangat berkesan di sana. Bagus banget performance mereka, bersemangat. Kayaknya ga ada cape-capenya. Bisa diliat di videonya:




Chie sempet diajak juga ke studio-nya I Made Arya Palguna. Wow.. pertama kalinya Chie masuk ke studio peseni Indonesia. Di situ, Chie liat karya-karyanya. Keren-keren!!



Sekedar info, waktu kecil Chie sempat bercita-cita ingin jadi seperti Affandi! Dan sekarang Chie bertemu dengan salah satu peseni tenar di Indonesia dan melihat karya-karyanya secara langsung di studionya!! Ah.. entahlah perasaan Chie waktu itu kayak gimana. Campur Aduk!


Kota Jogja

Kota yang masih menghargai peninggalan-peninggalan budaya. Masih banyak bangunan rumah-rumah yang dijadikan cagar budaya, termasuk perumahan saudara Chie ini. Sempat Chie melihat beberapa becak lewat seperti konvoi yang ditumpangi oleh bule-bule. Kata saudara Chie itu, memang setiap weekend mereka lewat, karena ini salah satu jalur wisata cagar budaya.

Jarang banget macet! Sekalinya Chie di sana kejebak macet itu hanya waktu ada acara ulangtahun Jogja, selebihnya lancar.. car.. car.. Ah.. seandainya Bandung tidak macet.

3 hari saja, tapi sangat berkesan. Keadaan kota Jogja membuat Chie mulai menyukai kota ini, walau 1 yang membuat tidak nyaman: PANAS! selebihnya Chie suka.

Tidak lebih dari 1 bulan dari kunjungan itu. Jogja diporakporandakan oleh letusan gunung Merapi. Ketika Chie menerima berita itu, Chie merinding, berfikir "Hey! belum 1 bulan Chie ada di kota itu! Sekarang?!......"

Di kepala Chie muncul berbagai macam pertanyaan:

"Apa kabarnya kota itu? kota yang membudaya, kota yang penuh seni, kota yang...."

"Apa kabarnya Malioboro? keramaiannya? rakyatnya?....."


---------------------

Postingan telat, yang udah dibuat dari lama, tapi baru sempat dipostkan.

---------------------

12 comments:

  1. waah waktu ke jogja dulu ga ke taman sari..
    dan seandainya jakarta ga macet. #eh hehe

    ReplyDelete
  2. bener banget, memang pribumi Jogjakarta sangat ramah-ramah.mereka ikhlas untuk menolong orang. Waktu gunung merapi meletus kasihan warga disana, semoga bencana ini cepat berlalu.

    ReplyDelete
  3. @lynn: hihiy.. iya ya andai kota kita tidak macet.. >,<

    @andina: amin.. semoga bencana di Indonesia segera berakhir..

    @nhoe: :)

    ReplyDelete
  4. aku jugaaa januari nanti mau ke jogjaaa.hahaha :n:

    ReplyDelete
  5. beeeuhh mantap chiiee... tapi sayang bgt kmren ga ketemu yaaa..
    btw gw yg kuliah disini aja blm pernah ke taman sari dan museum affandi.....:(
    *sblum wisuda jadi daftar wajib kunjungan* hehee

    btw ada 1 tempat lg yg recommended bgt chiee, namanya museum "ullen sentalu" (museum budaya jawa)

    ReplyDelete
  6. @dina: waaah.. asik.. ditunggu ceritanya..

    @yo: iyaaa.. sayang banget waktu itu saya gatau kalo kamu tuh di jogja.. kalo tau kan kita ketemuan.. museum affandi jg saya belum pernah.. hahaa.. itu saya bukan ke museum affandi, tapi ke studionya aryapalguna.. hehee..
    ullen sentalu ya?? bisa tuh masuk list kunjungan kalo saya ke sana lagi.. *kapan ya*

    ReplyDelete
  7. kulinernya tu keren. codot mbak :a:

    ReplyDelete
  8. gimana cara buat emote pake monyet?

    ReplyDelete
  9. wuyo...
    kok gak ad fotomu pas ktmu aku n clarita??
    hahahaha

    msk affandi mahal lho
    hehehe

    ReplyDelete
  10. @bowo: suka makan codot? -.-"

    @irvanda: ambil link emotnya aja..

    @ega: ckck.. kita emang ga potoaaann.. huhuu.. salah itu salah!! harus diulangi lagi!! blm kaci kita ketemuannya!!
    pengen pengen pengen ke affandi.. >,<

    ReplyDelete
  11. Chie saya dari jogja grazie ya udah nulis tentang kunjungan di jogja promo ni :)

    ReplyDelete

Quchie

Chierita

Belanja belanji

Belanja belanji
Click to shop!

Chiet-chat

Chwiet-chwiet

Followchie